Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Term of Use - Pada pertemuan kali ini Waroenk Blog mencoba membahas betapa pentingnya Privacy Policy, Disclaimer dan juga Term Of Service bagi keberadaan blog maupun website. Pada awal kita mengenal blog mungkin sobat blogger bertanya - tanya apa pentingnya sebuah Privacy Policy, Disclaimer dan juga Term Of Service yang dalam hal ini hanyalah berupa tulisan dengan menggunakan bahasa inggris dan dengan Ejaan yang telah disempurnakan. Namun kali ini Waroenk Blog akan menjabarkan secara ringkas dan jelas.

Sebuah website atau blog disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan-aturan pengguna situs. Kebijakan ini biasanya dituangkan ke dalam halaman Privacy Policy, Disclaimer, Term of Use  dan yang lainnya. Anda bisa membuatnya secara online dengan menggunakan generator yang gratis dari beberapa situs penyedia di internet.Untuk itu saya akan memberikan informasi tentang Membuat Disclaimer dan Privacy Online Generator untuk Blog atau Website yang gratis. Namun sebelum saya jelaskan bagaimana caranya maka alangkah baiknya memahami dulu dengan penjelasan singkat tentang kebijakan-kebijakan tersebut.

Privacy Policy.
Adalah pernyataan atau dokumen hukum (hukum privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien. Informasi pribadi bisa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, tidak terbatas termasuk, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, masalah ID dan tanggal kadaluwarsa, catatan keuangan, informasi kredit, riwayat kesehatan, kemana mana Anda berkunjung, dan niat untuk memperoleh barang dan jasa. Dalam kasus bisnis itu sering merupakan pernyataan yang menyatakan kebijakan partai pada bagaimana mengumpulkan, menyimpan, dan memberikan informasi pribadi yang dikumpulkan. Ini memberitahu klien informasi spesifik apa saja yang dikumpulkan, dan apakah itu dirahasiakan, kepada para mitra, atau dijual kepada perusahaan lain atau perusahaan. (Sumber: translate dari http://en.wikipedia.org/wiki/Privacy_policy)

Privacy policy ini juga sering kita lihat terpasang di blog. Bahkan sudah ada plugin WordPress untuk membuat privacy policy secara otomatis. Akan tetapi penggunaan Privacy Policy haruslah di sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sobat blogger murni menggunakan blogger untuk sharing informasi pribadi maka saya rasa penggunaan privacy policy tidak ada faedah ataupun gunanya. Lain halnya jika sobat blogger menggunakan blog sebagai wadah untuk menggaet rupiah dengan menggunakan penyedia PPC sepperti google adsense maka Privacy Policy menjadi salah satu syarat mendaftarkan blog anda kedalam Google Adsense.

Disclaimer.
adalah semacam peringatan yg diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut.

Term Of Service.
(biasa disingkat TOS) dan juga dikenal sebagai Ketentuan Penggunaan, Syarat & Kondisi) aturan mana yang harus disetujui untuk mematuhi untuk menggunakan layanan. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Syarat Penggunaan atau kadang-kadang hanya sangkalan, terutama mengenai penggunaan website. (Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Terms_of_service)

Banyak situs yang menyediakan pembuatan Privacy policy, Disclaimer maupun Term of service, baik yang berbayar maupun yang gratis. Jika anda ingin membuat privacy policy atau disclaimer atau term of service untuk website atau blog anda secara instan, anda bisa menggunakan beberapa diantaranya situs yang disebutkan di bawah ini :
  1. serprank.com
  2. privacypolicyonline.com
  3. seqlegal.com
  4. prioritydigital.com
  5. freeprivacypolicy.com.
Nah dengan beberapa situs diatas dapat mempermudah sobat membuat Privacy Policy, Disclaimer maupun Term of Use dengan benar. semoga artikel ini bermanfaat. jika benar-benar bermanfaat silahkan follow blog kami dan jangan lupa klik google plus (G +) nya ya? Terimakasih.