Ada beberapa dari sobat Blogger bertanya tentang kolom komentar bawaan dari blogger. Sebagian menginginkan komentar blog terbuka untuk siapa saja, namun sebagian juga tidak menginginkan hal demikian. Saya akan mencoba membahas beberapa alasan mengenai kolom komentar dan cara mengubah setingan dari kolom komentar bawaan dari blogger sendiri.

Alasan Menutup Kolom Komentar.

Sebagian blogger memang menutup kolom komentar hanya untuk anggota ataupun hanya untuk pengguna akun gmail (google) saja. hal ini disebaban oleh anggapan tentang bagaimana beberapa blogger suka mencari backlink dari berkomentar di blog. berikut penjelasannya :
  1. Menghindari Outbound Link : Outbound link sering dipahami sebagai link yang keluar dari blog, dimana link keluar merugikan bagi pemilik blog. Dalam pemahaman SEO kita harus mengurangi link keluar dan menambah link masuk dengan kata lain memperbanyak backlink. dalam hal ini biasanya blogger menggunakan cara berkomentar di blog orang dengan menitipkan linknya.
  2. Menghindari SPAMMER : Saat ini spammer memang merajalela, mereka memberikan komentar dan menitipkan linknya dengan anggapan untuk memperbanyak backlink. apalagi komentar yang ditulis tidak sesuai dengan artikel yang ada. untuk itulah mengapa sebagian blogger menutup kolom komentar hanya untuk anggota atau bahkan tidak menampilkan kolom komentar.

Alasan Membuka Kolom Komentar.

Membuka kolom komentar sudah jelas ditujukan untuk mempermudah pengunjung berkomentar di blog, dengan harapan terjadinya komunikasi antara pemilik blog dan pengunjung blog. oleh karena itulah alasan mengapa kolom komentar dibuka untuk umum.

Cara Mengubah Settingan Kolom Komentar Pada Blog

Cara mengubah cukup simple silahkan ikuti petunjuk mengubahnya dibawah ini :
  • Masuk ke akun blogger anda
  • Pilih Menu Setelan, lihat pada gambar berikut :

  • Kemudian Pilih menu Pos dan Komentar, lihat pada gambar berikut :

  • Maka akan muncul pengaturan seperti pada gambar berikut
  • Silahkan anda ubah settingan sesuai keinginan anda kemudian anda simpan pengaturan dengan klik tombol Simpan Setelan.lihat pada gambar berikut :
 Cukup mudah bukan? silahkan anda ubah pengaturannya kemudian lihat hasilnya. semoga penjelasan dari saya ini bermanfaat. jika masih belum paham silahkan tinggalkan komentar. terimakasih.