Selamat datang kembali sobat Waroenk Blog, Kali ini Waroenk blog akan menjelaskan tentang Memahami Istilah dan Fungsi menu pada blog. Sesuai dengan permintaan Newbe yang ingin belajar blog dan akhirnya baru sempat saya membuat postingan ini. Bagi master-master numpang bikin tutorial ya, kalau ada yang salah mohon di koreksi.

Oke langsung saja saya mulai penjelasan Istilah dan Fungsi menu pada blog. untuk tahap awal mari kita lihat dimana saja letak menu yang nantinya satu persatu akan saya berikan penjelasan pada gambar berikut :
Istilah dan Fungsi menu pada blog

Nah dari gambar diatas saya akan mencoba menjelaskan satu persatu.

Nomor 1. Buat Entri Baru
Ikon pensil yang tertera pada menu blogger memiliki fungsi mengarahkan kita pada form entry/posting artikel baru. Untuk panduan menulis artikel di blog silahkan Baca Disini : "Cara Posting, Menulis Artikel di Blog."

Nomor 2. Lihat Entri.
Ikon Buku yang tertera pada menu blogger tersebut memiliki fungsi mengarahkan kita pada tampilan postingan yang sudah kita buat. lihat gambar berikut :
Lihat Entri
Pada gambar diatas dapat anda Pahami bahwa pada penampilan Lihat Entry ada beberapa postingan dimana pada gambar diatas ada yang masih dalam bentuk draf dan juga ada yang sudah diterbitkan. silahkan anda coba klik sehingga anda paham apa fungsi dari menu tersebut.

Nomor 3. Lihat Blog
Ikon "Lihat Blog" pada gambar diatas memiliki fungsi mengarahkan kita pada tampilan hompage/halaman depan blog kita.

Nomor 4. Nama Pemilik Akun Blogger

Nomor 5. Pemberitahuan Google +
Ikon Lonceng pada menu blogger berfungsi sebagai pengingat bahwa ada pesan atau pembaharuan dari akun google + anda. anda bisa klik ikon tersebut untuk melihat ringkasan dari pesan atau pembaharuan google + anda.

Nomor 6.  + Berbagi
Fitur berbagi pada blogger berfungsi sebagai sarana untuk berbagi di google +, silahkan anda klik untuk melihat fungsi dari fitur berbagi di google +.
+ Berbagi


Nomor 7. Akun dan Pengaturan Akun Blogger
Ikon gambar foto profil tersebut merupakan akun dan pengaturan akun blogger anda. anda bisa sighn out atau keluar dari akun blogger anda dengan klik ikon Foto profil anda kemudian pilih keluar.

Nomor 8. Menu Blog Saya
Pada menu blog saya berfungsi mengarahkan kita untuk kembali ke daftar blog anda. silahkan anda klik untuk memahami fungsinya.

Nomor 9. Nama Blog Anda

Nomor 10. Menu yang ditampilkan pada layar

Nomor 11. Bantuan Blogger
Pada Ikon Gear tersebut adalah menu untuk panduan dan bantuan akun blogger anda. pada menu tersebut dapat menampilkan panduan blogger dari penyedia blogger. anda juga dapat memasukkan kiriman seperti tanya jawab atau yang lainnya kepada pihak blogger.

Nomor 12. Entry Baru 
Fungsinya sama dan sudah dijelaskan di Nomor 1.

Nomor 13. Menu Ikhtisar
Ikhtisar adalah informasi keseluruhan dari blog anda. mulai dari statistik hingga pembaruan-pembaruan yang ada di blog.

Nomor 14. Menu Pos
Fungsinya sama dan sudah dijelaskan di Nomor 2.

Nomor 15 Menu Laman
Menu laman adalah menu untuk membuat laman baru sedangkan pengertian Page Laman adalah sebuah halam yang digunakan sebagai tempat atau sarana informasi identitas blog. seperti halnya Profil blog, Contact blog site map dan lain sebagainya yang tidak terindeks di google search engine. untuk lebih jelas fungsinya bisa anda baca disini.

Nomor 16. Menu Komentar
Pada menu komentar berfungsi untuk menampilkan siapa saja yang sudah berkomentar di blog anda.

Nomor 17. Menu Google +
Menu Google + berfungsi sebagai Setelan Google+ Anda

Nomor 18. Menu Statistik
Pada menu statistik akan menampilkan kepada anda statistik jumlah tampilan blog anda dalam waktu harian, mingguan, bulanan dan juga menampilkan artikel yang paling populer seperti gambar dibawah ini :

Nomor 19. Menu Tata Letak
Pada menu tata letak menampilkan letak header, postingan serta widget yang ada pada homepage/halaman awal blog anda. pada tata letak anda dapat mengubah tata letak widget sesuai selera anda. Silahkan anda praktekkan agar anda bisa memahami. atau anda bisa membaca artikel berikut, "Cara Menambahkan Widget Pada Blogger."

Nomor 20. Menu Edit HTML
Pada menu edit HTML anda dapat mengubah dan mengedit HTML jika anda telah memahami bahasa HTML yang tersedia. untuk pembelajaran awal anda bisa membaca artikel saya berikut ini :
  1. Cara mengubah template / tema blog
  2. Cara mengunggah template dari template gratisan
  3. Cara membackup template
  4. Cara mengatur template blog menggunakan blogger template designer.
Nomor 21. Menu Setelan
Pada menu setelan berfungsi untuk mengubah setelan blog anda. Jika anda belum memahami saya sarankan supaya hati-hati dalam mengubah setelan blog anda. untuk pembahasan menu setelan akan saya bahas pada lain waktu.

Demikianlah istilah dan fungsi menu pada blogger. Semoga tutorial diatas dapat membantu sobat newbe yang baru belajar blogger. terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa komentarnya Sobat Waroenk Blog